Kisah Air Mata Hamba Yang Takut Kepada Allah swt

Kali ini puji syukur kehadirat nya yang telah melimpahkan kesehatan pada hambanya, sehingga dapat menyampaikan ilmu yang bermanfaat ini ... Langsung saja pada intinya yaitu sesuai tema nya yaitu "Kisah Air Mata Hamba Yang Takut Kepada Allah swt" ...

Kisah Air Mata Hamba Yang Takut Kepada Allah swt

         Rasulullah saw bersabda "Tidak akan masuk neraka orang yang menangis karena takut kepada Allah SWT  sehingga ada air susu kembali ke tempat asalnya"

         Dijelaskan dalam kitab Daqa'iqul Akhbar, datang seorang hamba pada hari kiamat dengan sangat berat timbangan kejahatannya dan akibatnya akan dimasukkan ke dalam neraka. Salah satu rambut matanya berkata "Ya Allah, Rasulullah SAW telah bersabda, siapa saja yang menangis karena takut kepada Allah SWT, maka haram matanya menyentuh neraka. Aku pernah menangis karena amat takut kepadamu." Akhirnya, di ampuni hamba itu dan selamat dari api neraka berkat sehelai rambut. Lalu, Malaikat Jibril mengumumkan bahwa telah selamat Fulan bin Fulan karena sehelai rambut. Dikisahkan dalam kitab Bidayatul Hidayah bahwa pada hari kiamat, neraka jahannam akan mengeluarkan suaranya yang sangat menakutkan. Semua manusia berlutut karena beratnya beban yang harus di pertanggungjawabkan. Allah SWT berfirman "Kamu lihat (pada hari itu) setiap orang berlutut (yakni merangkak pada lututnya). Setiap umat diseru kepada buku amalannya. (Dikatakan kepadanya) pada hari ini kamu dibalas sesuai apa saja yang telah kau kerjakan." (QS Al-Jasiyah[45]: 28)
       
       Saat itu setiap orang,termasuk para nbi berucap, "Diriku, diriku (selamatkanlah diriku ya allah)" kecuali hanya satu nabi yang berkata, "Umatku, umatku." Beliaulah Rasulullah SAW Malaikat Jibril berkata, "sesungguhny api neraka itu menuju kepada umat nabi Muhammad SAW."  Kemudian Jibril membawa semangkuk air dan Rasulullah SAW meraihhnya . Berkata Jibril, "Ya Rasulullah, ambillah air ini dan siramkanlah kepadanya." Lalu Baginda melakukannya dan padamlah api itu. Lalu Rasulullah bertanya kepadanya  " Ya Jibril, air apa itu?" jibril menjawab "Itulah air mata orang durhaka di kalangan umatmu yang menangis karena takut kepada Allah SWT . Sekarang aku di perintahkan untuk memberikan kepadamu, agar engkau menyiramkan pada api itu." Maka padamlah api itu dengan izin-nya. Terkait dengan kisah ini, Rasulullah SAW bersabda " Ya Allah, anugerahilah kepada kami dua mata yang menangis karena takut kepadamu sebelum air mata tidak mampu dikeluarkan"

Dari Kisah di atas sungguh lah beruntung jika kita sebagai hamba nya menangis karena takut kepada Allah SWT. Subhanallah, Subhanallah, Maha Suci Allah. Sekian yang dapat saya sampaikan , kurang lebihnya saya mohon maaf karena kesempurnaan hanya lah milik nya sang penguasa alam semesta ALLAH SWT.

Komentar